Hallo Sobat Dahsyat…
Perencanaan keuangan perusahaan adalah salah satu hal yang vital untuk jalannya perusahaan. Selain memastikan agar perusahaan tetap produktif, manajemen keuangan yang baik juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan perusahaan.
perencanaan keuangan sendiri adalah salah satu proses merencanakan atau membuat rancangan keuangan terkait hal-hal seperti:
- Kebutuhan dana
- Pengadaan dana
- Penggunaan dana
- Memilih metode analisis laporan keuangan dalam organisasi.
Berikut ini 3 tips membuat perencanaan keuangan untuk perusahaan :
- Menentukan tujuan dan kegiatan
Setiap perusahaan yang akan merencanakan keuangannya, penting untuk membuat dan menentukan tujuan yang jelas terkait proyek berjalan.
Adapun, kegiatan serta hal-hal yang termasuk ke dalamnya adalah perencanaan, analisa, dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan.
Setelah mendapatkan tujuan, perusahaan harus menentukan kegiatannya, yang terkait hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mencapai tujuan tersebut.
- Menentukan sumber penghasilan
Selanjutnya, agar bisa terus berjalan, perusahaan harus menentukan dari mana saja sumber penghasilan yang akan didapatkan.
- Mengelola keuangan
mengelola keuangan perusahaan bisa dengan menyiapkan sebagian pendapatan untuk biaya operasional atau jalannya perusahaan. Biaya perusahaan ini mencakup pengeluaran usaha atau operasional. Perusahaan kemudian bisa membuat anggaran serta biaya-biaya apa saja yang wajar keluar dalam jalannya usaha. Tentu saja, jumlahnya harus sesuai dengan pendapatan perusahaan.
Itulah 3 tips untuk mengelola keuangan bisnis yang bisa kamu terapkan di perusahaan. Selain itu kamu juga bisa berkonsultasi dengan asbconsulting.co.id agar paham dengan masalah keuangan perusahaan yang harus diselesaikan.
Untuk informasi selanjutnya anda bisa hubungi kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA di pojok kanan untuk konsultasi.