Hallo sobat dahzyat
Anda tentu sudah tahu bukan kalau laporan keuangan jadi point penting dari bisnis. Nah, anda pasti sering temui istilah biaya dan beban. Maka dari itu bagi anda yang berkarir didunia bisnis anda harus pahami perbedaan antara beban dan biaya.
Ketika bisnis anda berjalan tentu anda akan keluarkan uang untuk modal, seperti pembelian alat-alat produksi, gaji karyawan, bayar listrik dan lain-lain. Nah diantara pengeluaran itu mana yang termasuk biaya dan beban? Anda bingung dalam menentukannya. Baiklah kami punya solusi untuk anda agar anda bisa bedakan antara beban dan biaya. Ada lima perbedaannya, antara lain letaknya di laporan keuangan, periode akuntansinya, jumlah yang dikeluarkan, efek pada profit serta tujuannya bagi keuangan perusahaan.
- Pahami terlebih dahulu dari segi makna
Agar anda mudah bedakan antara biaya dan beban maka anda harus tahu makna dari keduanya. Dimana biaya dan beban ini sering diasumsikan dengan makna yang sama, padahal keduanya adalah hal yang berbeda.
Nah disini kami akan jelaskan biaya itu adalah pengeluaran yang digunakan untuk dapatkan barang dan jasa yang berguna diwaktu yang akan datang atau melebihi satu periode akuntansi tahunan. Biaya ini akan digolongkan sebagai aktiva dalam neraca keuangan perusahaan. Saat anda membeli sebuah aktiva, perusahaan akan keluarkan biaya yang juga tercatat di akun kas dengan tujuan agar bermanfaat dari segi ekonomi bagi perusahaan anda di waktu yang akan datang.
Selain itu biaya ini juga meliputi biaya asset dimana terdapat pembelian asset, persiapan dan pelatihan bagi pekerja yang gunakan asset tersebut. Nah misalnya anda sebuah perusahaan manufaktur dan lakukan pembelian mesin produksi baru, maka anda haru persiapkan biaya untuk pengiriman, persiapan dan pelatihan penggunaan mesin tersebut. Biaya ini digunakan untuk menentukan penyusutan dan factor pajak. Dan dalam neacara keuangan biaya awal akan selalu dicatat kemudian jumlah penyusutannya akan dikurangkan dengan hasil sebagai nilai buku asset.
Sedangkan beban adalah pengeluaran yang anda gunakan untuk membantu proses perolehan barang dan jasa dimana beban ini memberikan manfaat di waktu yang akan datang. Seperti beban sewa, listrik, gaji karyawan dan penyusutan asset termasuk dalam beban karena digunakan untuk realisasikan sebuah hasil bagi perusahaan, dan pengeluaran ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Beban dalam laporan laba rugi akan sebagai pengurangan pendapatan. Selain itu, beban bisa dijadikan penentu laba dan sebagai standar penurunan manfaat ekonomi dalam satu periode akuntansi dalam bentuk kas keluar.
- Pahami dari segi laporan keuangan
Selanjutnya anda bisa lihat perbedaan biaya dan beban dari segi laporan keuangan. Biaya terdapat pada laporan neraca keuangan dan dianggap aktiva Karen belum terpakai dan bermanfaat untuk masa yang akan datang. Sedangkan beban terdapat dalam laporan laba rugi dan sudah pasti dikeluarkan dan terpakai diawal.
Dari segi periode akuntansi
Biaya dan beban punya perbedaan dari segi periode akuntansi. Dimana biaya periode akuntansinya lebih dari satu tahun karena dikategorikan sebagai pengeluaran dari modal. Sedangkan beban periode akuntansinya kurang dari satu tahun, sebab berpengaruh pada sumber pendapatan. Periode akuntansi kurang dari satu tahun biasa disebut revenue expensive, sedangkan periode lebih dari satu tahun disebut capital expenditure.
- Dari segi jumlah pengeluaran
Perbedaan berikutnya dari segi jumlah pengeluaran, dimana biaya adalah pengeluaran dari modal, dengan jumlah relative lebih besar. Jumlah pun bisa setara dengan asset besar yang dimiliki perusahaan. Sedangkan beban jumlahnya relative lebih kecil karena diambil dari peneluaran pendapatan.
- Dari segi tujuan
Perbedaan biaya dan beban dari segi tujuannya, dimana biaya bisa dijadikan dasar penurunan nilai ekonomi. Sedangkan beban bermanfaat bagi sumber daya yang dimiliki perusahaan. Dan beban adalah uang yang dikeluarkan agar bisnis bisa berjalan dengan baik.
- Dari segi profit
Dari segi ini anda bisa lihat perbedaan biaya dan beban dimana, biaya tidak punya pengaruh terhadap profit perusahaan. Sedangkan beban sebaliknya punya pengaruh langsung karena ada pengeluaran yang dikurangi dari pendapatan yang anda peroleh.
Jadi perbedaan dari biaya dan beban ini terdapat pada laporan keuangan, periode akuntansi, jumlah pengeluaran, profit, dan tujuan. Dalam pembuatan laporan keuangan secara manual tentu anda akan butuh waktu yang cukup lama dan akan menyulitkan anda. Jadi agar anda terhindar dari masalah itu anda bisa gunaka software akuntansi dalam pelaporan keuangan. Tapi yang jadi permasalahan anda tidak paham bagaimana penggunaan software akuntansi pada pelaporan keuangan. Nah, kami punya solusi untu anda, dimana anda bisa ikuti pelatihan akuntansi dari dasar dan akan bermanfaat untuk anda nantinya dalam pembuatan laporan keuangan dengan mudah dan cepat.
anda juga bisa ikuti pelatihan-pelatihan menarik seputar keuangan dan akuntansi di asbconsulting.co.id
Untuk informasi anda bisa hubungi kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA dipojok kanan untuk Konsultasi.