
Menganalisa pasar merupakan hal penting yang bertujuan untuk pemasaran produk dengan tepat. Dengan menganalisa pasar, diharapkan pemasaran produk akan tepat, sehingga dapat meningkatkan keuntungan terhadap perusahaan.
Sebuah perusahaan mampu menganalisa pasar dengan benar, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut mampu dalam memajukan bisnisya. Analisa pasar bertujuan untuk mengetahui produk/jasa yang ditawarkan merupakan kebutuhan yang banyak diminati konsumen.
Berikut langkah – langkah dalam menganalisa pasar untuk memperluas bisnis anda :
- Menentukan Pasar Yang Relevan
Menentukan pasar yang relevan adalah hal pertama yang harus dilakukan, agar produk/jasa yang ditawarkan perusahaan dapat terjual dipasaran.
- Menganalisa Permintaan Selektif Dalam Pasar Relevan
Dalam hal ini, manajemen harus memahami dasar setiap minat para konsumen terhadap salah satu merek produk. Selain itu, juga untuk memeriksa kebiasaan, pola pembelian para konsumen dengan menerapkan strategi segmentasi pasar.
- Menerapkan Strategi Segmentasi Pasar
Menerapkan strategi segmentasi pasar bertujuan untuk mengelompokkan para konsumen yang memiliki respon sama terhadap produk yang mereka beli. Dengan memilih dan mengelompokkan konsumen sesuai target pasar, diharapkan pemasaran produk dapat berjalan secara efektif dan efesien.
- Memperhatikan Produk Pesaing
Pihak manajemen tidak lupa membandingkan produk miliknya dengan para pesaing, yang bertujuan agar mengetahui tawaran apa yang diberikan para pesaing.
- Mengidentifikasi Potensial Pasar Sasaran
Mengidentifikasi potensial pasar sasaran bertujuan untuk mengetahui peluang terbaik guna menciptakan pelanggan yang puas dan loyal terhadap produk kita.